Rabu, 23 Januari 2013

INDOSIAR




Tepat tanggal 11 Januari 2013 kemarin Stasiun Televisi Indosiar merayakan Ulang Tahun yang ke 18. Selama hampir 2 dekade ini Indosiar memberikan kontribusinya dalam dunia pertelevisian Indonesia, untuk itu aku mau menulis tentang Indosiar dari mulai berdiri hingga sekarang. Dimulai ya...



Indosiar adalah salah satu stasiun televisi swasta nasional di Indonesia. Stasiun televisi ini beroperasi dari Daan Mogot, Jakarta Barat. Indosiar awalnya didirikan dan dikuasai oleh Grup Salim dan Agung Laksono melalui PT Indosiar Karya Media Tbk (sebelumnya PT Indovisual Citra Persada). Pada 30 Juni 2001, Grup Salim mengambil alih sebagian saham PT Indonusa Karya Media dari Agung Laksono dan mengubah namanya menjadi PT Indosiar Karya Media Tbk. Pada 13 Mei 2011, mayoritas saham PT Indosiar Karya Media Tbk dibeli oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, pemilik SCTV dan O Channel, menjadikan ketiga stasiun televisi berada dalam satu pengendalian.

Indosiar adalah stasiun televisi ke-5 di Indonesia, diluncurkan pada tanggal 11 Januari 1995 yang sekaligus dijadikan sebagai tanggal berdirinya Indosiar dan meiliki slogan "Memang Untuk Anda". Wilayah siar meliputi seluruh Indonesia dan sebagian di negara Malaysia.

Logo Indosiar pada awalnya menggunakan logo yang mirip dengan Television Broadcasts Limited, Hongkong karena Indosiar dalam kenyataan yang sebenarnya banyak menyiarkan drama Asia dari Hongkong dan Korea.

Logo yang sekarang digunakan kembali oleh Indosiar awalnya digunakan pada tahun 1995-2004. Namun logo tersebut menimbulkan kontroversi karena logo tersebut di sebelah kiri atas layar TV tabung disinyalir merusak layar TV Tabung pada saat itu. Akibatnya layar-layar pada TV tabung di bagian pojok kiri atas jadi berbekas logo Indosiar, apabila diganti ke channel lain. Namun sejak tahun 2012, logo ini kembali digunakan. Akan tetapi, logo tersebut sedikit di buramkan dan di beri Animasi. Berikut ini adalah logo Indosiar dari tahun 1995-sekarang.


Selain logo diatas masih ada logo lainnya yang digunakan dari tahun 2007 sampai 2012, seperti yang di bawah ini :


ACARA TELEVISI

Dalam siarannya, Indosiar banyak menekankan kebudayaan. Salah satu program kebudayaan yang selalu ditayangkan adalah acara pertunjukan wayang pada malam minggu. Diawal berdiri dan mengudara Indosiar mengawali siaran hiburan untuk drama seri menayangkan drama-drama dari Hongkong dan Jepang lalu berlanjut drama dari Taiwan, dan saat ini menayangkan drama dari Korea. Sehingga Indosiar sering disebut "Televisi Drama Asia", sehingga menciptakan sebuah trend seperti di Tahun 90-an disebut Era J-Drama (Japan Drama) dan drama dari Hongkong (Cina). Di akhir tahun 90-an dan awal tahun 2000 trend beralih ke Era Drama Taiwan. Dan yang masih hangat-hangatnya sekarang K-Drama (Korean Drama), sebenarnya untuk drama Korea sudah dimulai diawal tahun 2000-an tapi baru mulai terasa dipertengahan tahun 2000-an.

Untuk drama Jepang yang pernah disiarkan Indosiar antara lain Tokyo Love Story, Ordinary People, Long Vacation, Itazura Na Kiss, Anything For You, dll. Drama dari Hongkong dan Cina kebanyakan berupa drama silat diantaranya Legend of the Condor Heroes, Return of the Condor Heroes, To Liong To, Putri Huan Zhu, dll sedangkan drama dari Taiwan yang sangat fenomenal Meteor Garden.

Tokyo Love Story


Return of The Condor Heroes


Itazura Na Kiss


Meteor Garden


Untuk drama Korea pertama yang tayang di Indosiar adalah Endless Love : Autumn In My Heart, All About Eve lalu diikuti drama Jewel In The Palace, Full House. Drama Asia di Indosiar sempat vakum, lalu dilanjutkan lagi dengan drama dari Korea yang kebetulan sedang terjadi "demam Korea" di Indonesia diawali di tahun 2010 dengan Boys Over Flower, Naugty Kiss, Princes Hour, 49 Days, dan masih banyak lagi sampai sekarang.

Endless Love: Autumn In My Heart


All About Eve


Full House


Boys Over Flowers


Selain itu, Indosiar juga memopulerkan sinetron-sinetron Indonesia yang bertemakan cinta dan keluarga (dimulai sejak munculnya Tersanjung), acara-acara realitas yang melibatkan emosi penonton dan SMS secara langsung (dimulai sejak munculnya AFI), infotainment KISS (Kisah Seputar Selebritis). Indosiar juga menayangkan acara anak-anak atau kartun yang cukup banyak setiap hari minggu yaitu dari pukul 06.30 sampai 12.00 WIB, Acara-acara anak yang pernah populer di Indosiar adalah, Dragon Ball, Digimon, Pokemon (paling suka kalau si Pikachu uadah ngeluarin jurus aliran listriknya), Bleach, Naruto, Gundam, dll. Tapi yang paling aku suka kartun Detektif Conan.

Detective Conan


Pokemon


Untuk serial kolosal yang pernah ditayangkan Indosiar antara lain Misteri Gunung Berapi, Tutur Tinular versi ASLI (adaptasi dari Drama Radio Tutur Tinular). Karena yang aku ingat hanya 2 itu saja kalau yang lain tidak begitu aku ingat.

Tetapi entah kenapa sekarang Indosiar tayangannya terutama untuk sinetron Indonesia sudah tidak sebagus diawal Indosiar mulai mengudara terlalu banyak yang mengada-ada, apalagi serial kolosalnya. ( Ga habis pikir.....) sampai aku malas untuk nonton dan sampai pindah-pindah chanel lain kalau ga ujung-ujungnya nonton DVD. Yang buat aku nonton Indosiar untuk sekarang apalagi kalau bukan Drama Asia-nya dan film layar lebar.

NOTE:

1. Aku mau mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 18 buat Indosiar semoga terus berjaya di udara serta tayangannya makin bagus dan bermutu.

2. Untuk drama Korea kapan nih diputar lagi? Kalau boleh saran buat Indosiar untuk jam tayang Drama Asia sebaiknya tayang pada malam hari sekitar pukul 20.00 sampai 23.00 WIB (Semoga tulisanku ini dibaca sama pihak INDOSIAR).

3. Mengapa aku mau mengulas Indosiar terlebih dahulu karena Indosiar berulang tahun di bulan Januari, karena aku juga akan mengulas televisi yang ada di Indonesia lainnya.

Sumber:

www.indosiar.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Indosiar

3 komentar:

  1. Wah kebetulan aku lagi kangen ama acara2 taon 90-an,terutama drama jepang n sinetron indonesia yg msh bermutu yaa,oya sinetron yg awal2 muncul di indosiar bukan Tersanjung mbak,tapi ada Sitkom Flamboyan 108,Noktah Merah Perkawinan,Kipas-Kipas Asmara,jaman 90-an juga banyak sinetron yg diangkat dari novel kayak Karmila diperankan ama Paramitha Rusady n Atalarik,gak kalah romantisnya sama drama korea :)

    Kalo Tersanjung sih sinetron pertama yg episodenya kebanyakan n ceritanya gak abis2 persis kayak sinetron jaman skrg hehe

    _Sari_

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Sari, kenapa aku ingetnya tersanjung, karna sinetron pertama kali yg panjangnya ga ketulungan.

      Sinetron th 90-an emang bagus2 dan banyak yg mengadaptasi novel2 karangan Mira W dan Marga T. aku juga suka sama Karmila, di sinetron itu Atalarik sama Teddy Syah saingan buat mendapatkan cintanya Paramitha Rusady.

      Hapus
  2. kalau bbisa dan harus sempatin juga tolong deh indosiar kembali tayangin drama korea yg judulnya ROSY LIFE tu klo ga salah pernah tayang pada tahun 2005 an

    BalasHapus

Terima kasih sudah menjadi reader blog ini...
Jika ingin share link silakan...

DAN MOHON UNTUK TIDAK MENG-COPYPASTE SINOPSIS ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI...