Rabu, 14 Agustus 2013

RCTI


Rajawali Citra Televisi Indonesia ( RCTI ) merupakan stasiun televisi nasional kedua yang sekaligus stasiun televisi swasta pertama di Indonesia. RCTI pertama kali mengudara pada 13 November 1988 dan akhirnya diresmikan pada 24 Agustus 1989.

Sejarah
Tanggal 24 Agustus 1989 sebuah catatan penting digoreskan dalam lembaran sejarah pertelevisian Indonesia, stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, RCTI, mulai mengudara secara terrestrial di Jakarta. Menayangkan berbagai program acara hiburan, informasi dan berita yang dikemas dengan menarik.

RCTI tumbuh dengan cepat menjadi agen perubahan dan pembaharu dalam dinamika sosial masyarakat di Indonesia.

Pemerintah mengizinkan RCTI melakukan siaran bebas secara nasional sejak tahun 1990 tapi baru terwujud pada akhir 1991 setelah membuat RCTI Bandung pada 1 Mei 1991.

Sejak Oktober 2003, RCTI dimiliki oleh Media Nusantara Citra, kelompok perusahaan media yang juga memiliki Global TV dan MNCTV.

Di RCTI, kualitas bukanlah kata tanpa makna, melainkan harmonisasi dari mimpi, idealisme, kesungguhan, kerja keras, kebersamaan, dan doa. 6 (enam) aspek tersebut tercermin dan mewarnai program-program RCTI yang mengusung motto "Kebanggaan Bersama Milik Bangsa" namun tampil dalam kemasan yang "oke". Kualitas program-program RCTI pada akhirnya mengantarkan RCTI untuk selalu menjadi yang terdepan dalam industri penyiaran TV di Indonesia.

Logo RCTI dari awal berdiri hingga sekarang

Logo Lama RCTI (Korporat)

Logo Lama RCTI (Saat di layar kaca/iklan bersifat korporat)

Logo Lama RCTI (Non-korporat/Komersil)

Logo RCTI memasuki tahun 2000

Logo RCTI saat berada di layar kaca (dari Agustus 2000 hingga sekarang)

Logo 15 tahun RCTI (Semakim Oke)

Logo 17 tahun RCTI

Logo 20 tahun RCTI

Program Acara
Diawal berdiri, RCTI memberikan acara-acara yang berkualitas dan beragam. Mulai dari berita, hiburan seperti musik, drama serial luar dan dalam negeri, film, sampai acara kuis.

Untuk program berita, yang sampai sekarang masih ada yaitu Seputar Indonesia yang ditayangkan setiap sore. Dari program berita ini banyak sekali melahirkan presenter-presenter berita (baca=anchor) yang sangat terkenal seperti Dana Iswara, Desi Anwar, dan masih banyak yang lain.

Untuk acara musik saat ini yang tayang di RCTI adalah Dahsyat. Tapi sebelum ada Dahsyat, RCTI memiliki program musik yang cukup dikenal oleh para pengemar musik di era 90-an yaitu, Nuansa Musik, DELTA berupa tayangan musik yang menampilkan lagu-lagu terbaik dan video klip dalam seminggu baik dari Indonesia maupun Manca, VMI (Video Musik Indonesia) yang dipandu oleh Dian Nitami. Sempat ada acara musik bertajuk " Clear Top 10" yang dipandu oleh Betrand Antolin dan Dewi Sandra.

Sebelum ada ajang pencarian bakat seperti Indonesian Idol, di tahun 90-an RCTI sempat memiliki ajang serupa yaitu Asia Bagus. Sebelum ditayangkan di RCTI, Asia Bagus sempat tayang di TVRI. Acara diproduksi oleh sebuat stasiun televisi di Jepang yang pesertanya tidak hanya dari Indonesia tapi dari seluruh Asia seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Taiwan. Acara ini selain di putar di Indonesia, juga diputar di Singapura, Malaysia. Dan setiap Grand Final diadakan di negara yang berbeda-beda.

Di hari Sabtu pada sore hari RCTI menayangkan sebuah acara yang mengupas tentang film-film terbaru yang bernama "Cinema Cinema" yang dipandu oleh Ira Wibowo dan Mayong Suryolaksono.

Untuk drama serial luar negeri, RCTI lebih banyak memutar dari Amerika, seperti, Baywacth, Friends, Bevery Hills 90210, Full House (bukan Korea ya hehe...), MacGyver, dll.

Serial Judge Bao
Drama serial dari Asia seingat aku yaitu Judge Bao yang bercerita tentang pengadilan dan segala intriknya di jaman kerajaan China. Judge Bao mempunyai tangan kanan yang sangat pandai dalam ilmu beladiri yang diperankan oleh Kenny Ho. Dan satu lagi yaitu Pendekar Harum.

Untuk penayangan film, RCTI mempunyai acara berupa Layar Emas dan Layar Perak yang diputar setiap malam.

Untuk drama serial dari Indonesia cukup banyak. Baik berupa komedi maupun romance. Drama Komedi seperti Gara-Gara, Lenong Rumpi, Keluarga Van Danoe, dll. Drama bergenre romance dan keluarga ada Si Doel Anak Sekolah (sering banget diputer ulang sampe sekarang), Keluarga Cemara, dll.

Saint Saiya
Untuk acara anak-anak, RCTI selalu menayangkan kartun dan serial anak di hari Minggu dan setiap hari pada sore hari. Kartun yang masih diputar sampai sekarang yatiu Doraemon. Selain itu ada Shincan, Ninja Hatori, Saint Saiya. Serial anak yang selalu diingat seperti Kesatria Baja Hitam dll.

Notes :
Entah kenapa dimulai pertengahan tahun 2000, aku merasa pamor RCTI jadi semakin turun dan monoton acaranya. Tidak seperti diawal mengudara (ini pandangan aku lho, ga tahu yang lain). Tapi sepertinya banyak yang sependapat sama aku nih.

Untuk drama serial (sekarang;baca=sinetron), sekarang lebih banyak kejar tayang jadi tidak memberi kesempatan drama serial yang lain dan tentunya berkualitas untuk tayang.

Tanggal 24 Agustus 2013 ini, RCTI merayakan hari jadinya ke-24. Semoga kedepannya acaranya semakin berkualitas dan terus berkarya untuk nusa dan bangsa.

Sumber : 
www.rcti.tv
http://id.wikipedia.org/wiki/RCTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah menjadi reader blog ini...
Jika ingin share link silakan...

DAN MOHON UNTUK TIDAK MENG-COPYPASTE SINOPSIS ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI...