Minggu, 04 Agustus 2013

SCTV


Surya Citra Televisi (SCTV) merupakan stasiun televisi nasional ketiga dan stasiun televisi swasta kedua setelah RCTI. Mulai mengudara tanggal 24 Agustus 1990.

Sejarah
Pada awalnya, SCTV adalah singkatan dari Surabaya Centra Televisi yang mulai mengudara pertama kali pada tanggal 24 Agustus 1990 di Surabaya, Jawa Timur dengan jangkauan  wilayah Surabaya dan sekitarnya (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, dan Lamongan).
Tahun 1991, pancaran siaran SCTV meluas mencapai Bali dan sekitarnya dan sejak itulah kepanjangan SCTV berubah menjadi Surya Citra Televisi.

Pada tahun 1993, berbekal SK Menteri Penerangan No 111/1992 SCTV melakukan siaran nasional ke seluruh Indonesia. Untuk mengantisipasi perkembangan industri televisi dan juga dengan mempertimbangkan Jakarta sebagai pusat kekuasaan maupun ekonomi, secara bertahap mulai tahun 1993 sampai dengan 1998, SCTV memindahkan basis operasi siaran nasionalnya dari Surabaya ke Jakarta.

Dalam kurun waktu perjalanannya yang panjang, berbagai prestasi diraih dari dalam dan luar negeri antara lain: Asian Television Awards (2004 untuk program kemanusian Titian Kasih (Pijar), 1996 program berita anak-anak Krucil), Majalah Far Eastern Economic Review (3 kali berturut-turut sebagai satu dari 200 perusahaan terkemuka di Asia Pasific), Panasonic Awards (untuk  program berita, pembaca berita dan program current affair pilihan pemirsa) dan sebagainya. Semua itu menjadikan SCTV kian dewasa dan matang. Untuk itu, manajemen SCTV memandang perlu menegaskan kembali identitas dirinya sebagai stasiun televisi keluarga.

Maka sejak Januari 2005, SCTV mengubah logo dan slogannya menjadi "Satu Untuk Semua". Sebelumnya hingga 2004 SCTV mempunyai slogan SCTV Ngetop.
Sejak 23 November 2007 kantor pusat SCTV kini berletak di SCTV Tower, Senayan City, Jalan Asia Afrika No. 19 Jakarta Pusat. Sebelumnya kantor pusat SCTV berada di Jalan Gatot Subroto Kavling 21 Jakarta. SCTV juga mempunyai studio penta di Jalan Raya Perjuangan No. 3-4 Kompleks Kawasan RCTI, Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Saat ini kepemilikan SCTV dikuasai oleh Grup Elang Mahkota Teknologi melalui Surya Citra Media (SCM). Sejak pertengahan 1990-an SCTVyang pada awalnya satu manajemen dengan RCTI akhirnya keduanya memutuskan berpisah manajemen. Dan di tahun 2011 SCTV dan Indosiar telah bermerger yang salah satu langkahnya yaitu dengan memindahkan sebagian program di SCTV Ke Indosiar.

Logo yang pernah digunakan SCTV dari awal hingga sekarang.

Logo pertama SCTV saat masih menjadi televisi lokal Surabaya

Logo kedua SCTV (1993 - 2004)

Logo ketiga SCTV (2004 - 2005)

 Logo keempat SCTV (2005 - sekarang)

Program Acara
Diawal siaran, SCTV sempat melakukan relay acara-acara yang ditayangkan di RCTI terutama untuk siarang berita. Pada pertengahan 1990-an SCTV membuat siaran berita sendiri dengan nama Liputan 6.

Dari Program Berita Liputan 6 banyak sekali melahirkan anchor (pembaca berita) yang bagus dan hebat. Salah satunya Arief Suditomo, Jeremy Teti, Rosiana Silalahi, Ira Kusno dll.

Untuk acara hiburan seperti musik yang saat ini tayang INBOX. Lalu ada Hip Hip Hura serta setiap satu bulan sekali Harmoni.

Untuk drama, SCTV kini lebih condong memutar FTV (Film Televisi) dan beberapa sinetron saja. Diawal tahun 1990-an SCTV sempat menayangkan drama dari Mexico dan Amerika Latin yang disebut dengan Telenovela dan ditayangkan setiap hari pada sore hari. Gara-gara kebanyakan menayangkan Telenovela sempat SCTV disebut televisi telenovela. Telenovela yang booming saat itu ada banyak salah satunya Maria Mercedes, sebelum itu telenovela yang pertama tayang di SCTV adalah Kasandra. Selain ada Carita De Angel, Esmeralda, La Mentira, dll.

SCTV sempat mempunyai kuis yang sangat bagus seperti Indosat Galileo dimana pesertanya adalah murid-murid sekolah.

Untuk tayangan anak-anak, SCTV menayangkan film kartun salah satunya Samurai X.

Sedangkan untuk drama dalam negeri (sinetron) cukup banyak baik drama maupun komedi, diantaranya SitKom (Sinetron Komedi) Lika Liku Laki Laki. Untuk drama seperti Buku Harian dan lebih banyak diangkat dari novel2 terkenal milik Mira W maupun Marga T. Yang paling aku suka itu sinetron Janji Hati yang main Ari Wibowo, Adjie Masaid, Dian Nitami, Vicky Burki, Anwar Fuadi yang diangkat dari novel Mira W judulnya Deviasi dan Delusi.

SCTV sempat juga memutar serial drama dari Asia terutama dari China seperti Serial silat Pendekar Ulat Sutra, White Snake Legend, dll. Yang paling booming itu White Snake Legend.

Notes :
SCTV sejak mulai mengudara sampai sekarang masih tetap mempertahankan tujuannya untuk memberikan informasi dan hiburan kepada pemirsanya.

Tepat tanggal 24 Agustus 2013 ini, SCTV merayakan ulang tahun ke-23. Semoga dengan bertambah usia SCTV tetap memberikan informasi, hiburan serta makin kreatif dalam setiap tayangannya.

Aku berharap SCTV mau menayangkan sinetron yang pernah SCTV putar terutama di jaman tahun 1990 sampai 2000. Dimana sinetron dimasa itu jalan ceritanya sangat bagus dan beragam. Dan yang pasti sama bagusnya dengan serial drama dari negara lain seperti Korea.

Sumber :
www.sctv.co.id
http://id.wikipedia.org/wiki/SCTV

2 komentar:

  1. misi mau nanya judul film ini

    sya gtw ini film brasal dri korea, taiwan, jepang, cina tpi yg jlas ini film dari asia timur, karen ketika sya menonton itu sya masih SMP dn skrg saya telah 21 thn. film ini pernah saya lihat d SCTV ketika SMP skitar tahun 2006/2007 gitu

    bercerita tntg sepasang kekasih yg menjadi gendut keduanya

    d mulai dari s cwe yg gndut terlebih dahulu, krena d tinggal s cwo k study piano k luar negri, akhirnya ia depresi dan kerjanya hanya makan , sehingga badannya mnjadi gndut
    ketika s cwo pulang, s cwo tak mw dgnnya krena s cwe gndut sekali

    jadi krena sakit hati s cwe jdi diet ketat, sampai d dalam program dietnya ia memakan segumpalan cacing-cacing besar sehingga berakibat ia masuk rumah sakit. selama ia gendut sampai melakukan program dietnya, ia selalu bersama teman laki-laki satu kostnya yg semula menolak kebradaanya, tetapi lambat laun s cwo mw membantunya dalam segala hal, sampai-sampai ia berkorban mncri uang dgn mnjadi petinju jalanan utk biaya diet s cwe itu

    setelah s cwe kurus, s cwo ingin lagi dgannya, tapi krena terlanjur sakit hati, s cwe tak mw dgannya
    dan endingnya s cwe akhirnya jatuh hati pada teman laki-laki satu ksotnya itu

    BalasHapus
  2. Boleh film white snacklegend di putar ulang dong

    BalasHapus

Terima kasih sudah menjadi reader blog ini...
Jika ingin share link silakan...

DAN MOHON UNTUK TIDAK MENG-COPYPASTE SINOPSIS ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI...