Senin, 24 Desember 2012

Band GIGI

Tran 7 memiliki acara "MUSIKLOPEDIA" yang ditayangkan setiap hari Sabtu pukul 23.30 WIB menayangkan penjalanan musik dari musisi Indonesia baik solois, grup band termasuk yang jadi trend saat ini boy/girl band (baca : grup vocal)yang pernah ada di Indonesia.
Sabtu 22 Desember 2012 "MUSIKLOPEDIA" menayangkan perjalanan musik salah satu Grup Band ternama Indonesia GIGI. GIGI merupakan salah satu grup band yang terkenal di Indonesia yang mengusung jenis musik pop dan rock. Dari awal terbentuk tanggal 22 Maret 1994 hinggal sekarang GIGI sempat mengalami pergantian personil berkali-kali, walau demikian tetap selalu ditunggu karya-karya musiknya oleh pengemar musik Indonesia (termasuk aku). Langsung aja yuk, untuk mengikuti perjalanan Band GIGI...

Tanggal 22 Maret 1994 Grup Band GIGI terbentuk dengan formasi Armand Maulana (Vokalis), Dewa Budjana (Gitaris), Thomas Ramdhan (Bassis), Baron Arafat (Gitaris), dan Ronald Fristianto (Drummer)yang memiliki latar belakang musik yang berbeda. Nama "GIGI" muncul dikarenakan para personilnya tertawa lebar saat mengomentari nama"Orang Utan" yang hampir menjadi nama band ini. Dengan latar belakang misik yang berbeda ini, mereka menggabungkannya menjadi satu musik yang menjadi ciri khas Gigi. Album perdana yang bertema "Angan" dilempar ke pasaran dengan dukungan dari Union Artist/Musica. Saat itu GIGI belum mbentuk suatu manajemen artis untuk mengelola kegiatan mereka sehingga untuk mempromosikan album perdana itu, mereka merilis dua single yang sekaligus video klip, yaitu Kuingin dan Angan. Tetapi kedua lagu andalan tersebut tidak banyak mendongkrak angka penjualan. Kurangnya promosi dan tidak adanya pengelolaan manajemen menjadi penyebab utama kegagalan album pertama group musik ini.
Akhirnya mereka membentuk Gigi Management supaya mereka menjadi lebih profesional. Album kedua "Dunia" terbilang sukses di pasaran. Dengan mengandalkan lagu unggulan pertama "Janji", yang terjual sekitar 400.000 copy serta meraih penghargaan sebagai "Kelompok Musik Terbaik". Pada saat ini manajeman Gigi terjadi keretakan dengan Baron. Video klip lagu andalan kedua "Nirwana" dibuat tanpa adanya Baron. Pada September 1995, Baron secara resmi keluar dari Group Band Gigi.Kemudian diikuti keluarnya Thomas dan Ronald yang bulan November 1996. Akhirnya Grup Band Gigi hanya tinggal berdua saja namun tetap berusaha bertahan dan merekrut Opet Alatas (bassis) dan Budhy Haryono drumer). Formasi baru ini memberi warna baru pada Gigi. Pada tahun 1997 mereka mengeluarkan album keempat yang bertema 2x2 dengan menggandeng sejumlah musisi kondang, lokal dan dunia, Antara lain Billy Sheehan (Mr. Big) yang menyumbang permainan basnya yang dahsyat pada lagu mereka (Cry Baby), dan Indra Lesmana juga ikut menyumbang dalam lagu "Tractor". Lagu andalan "Kurindukan" ternyata kurang direspon masyarakat. Keadaan ini tertolong sama dengan adanya tur 100 kota yang menampilkan duet Indra Lesmana dan Gilang Ramadhan sebagai pembukanya.
Sementara itu Thomas yang baru saja keluar dari rehabilitasi kembali ke Jakarta untuk mulai bermain musik lagi. Thomas bahkan membuat kejutan dengan menjadi bintang tamu di konser GIGI "Satu Jam Bersama Gigi" dan konser Gigi di Bandung, dengan bermain bersama di lagu "Janji" dan "Angan". Di konser itu Gigi serasa bernostalgia dengan Thomas, bahkan mereka membawakan satu lagu yang jarang dimainkan yaitu Hasrat. Tanggal 22 Maret 1999 tepat di Ulang Tahun Ke-5 GIGI akhirnya Thomas masuk lagi ke Group musik Gigi menggantikan posisi Opet Alatas yang sudah keluar pada tahun yang sama. Tak lama setelah itu Gigi merilis album keenam yang berjudul "Baik" pada bulan April 1999. Lagu andalan pertamanya adalah "Hinakah".
Tahun 2004, GIGI kembali mengalami pergantian personel. Dalam masa penggarapan album Original Sound Track (OST) Brownies Budhy Haryono (drummer) karena satu dan lain hal tidak dapat ikut aktif di studio rekaman. Karena album ini harus segera selesai seiring dengan akan dirilisnya film Beownies, atas referensi dari Budhy dan kesepakatan personel GIGI lainnya dilibatkanlah Hendy sebagai additional player menggantikan posisi Budhy Haryono. Album OST Brownies (yang termasuk album paling dinanti di tahun 2004 versi majalah Hai No.32 TH. XXVIII) ini diramu dengan takaran 5 lagu baru, 3 lagu aransemen ulang dan 2 lagu yang dicomot dari album-album GIGI sebelumnya.
Hasilnya, sebuah pop yang manis, semanis mencicipi lezatnya BROWNIES. Album dengan resep pop manis ditaburi lirik yang easy listening ini, hadir sebagai album soundtrack film layar lebar dengan judul yang sama, BROWNIES. Film komedi romantik garapan sutradara Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Marcella Zallianty, Phillip, VJ Arie MTV dan Bucek. Alur ceritanya sendiri mengisahkan tentang seorang gadis kosmopolit yang sedang mencari arti sebuah cinta sejati.
Setelah Budhy Haryono (drummer) keluar, tepat di tahun 2005 posisi drummer dipegang oleh Gusti Hendy yang sebelumnya hanya sebagai additional player kini menjadi personil dari Band GIGI dan posisi pengganti drum inilah yang menandakan pergantian personil terakhir, serta bertepatan dengan pembuatan album "Next Chapter".
Di tahun 2009 ini tepatnya di Ultah yang ke 15nya, GIGI mengeluarkan single terbaru skaligus peluncuran buku biografinya. Album self titled ini adalah album regular GIGI yang ke 11, dari seluruhnya 18 album. Agak aneh sebenarnya karena self title pada umumnya di gunakan pada album pertama. Tujuh album yang lain berupa live in concert, the best of, original sound track, dan 4 album religi. (selengkapnya bisa dilihat di www.gigionline.com) Album ini terdiri dari 9 lagu medium beat, dengan lirik yang sebagian besar bertema cinta. Tapi bukan cinta yang melankolis apalagi merintih-rintih.
Kini formasi tetap dari Band GIGI ada 4 peronil adalah Armand Maulana (Vokalis), Dewa Budjana (Gitaris), Thomas Ramdhan (Bassis), dan Gusti Hendy (Drummer).
1. Armand Maulana (Vokalis)
2. Dewa Budjana (Gitaris)
3. Thomas Ramdhan (Bassis)
4. Gusti Hendy (Drummer)
Itulah perjalanan musik Band GIGI, maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dalam memberikan informasi. Untuk profil dari setiap personil GIGI mungkin dilain kesempatan akan di ulas.
Sumber :
1. Wikipedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Gigi_%28grup_musik%29
2. http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/09/biografi-gigi-band-indonesia.html
3. dan sumber-sumber lainnya.

1 komentar:

  1. terima kasih atas informasi yang sudah dismapaikan salam sukses selalu!

    BalasHapus

Terima kasih sudah menjadi reader blog ini...
Jika ingin share link silakan...

DAN MOHON UNTUK TIDAK MENG-COPYPASTE SINOPSIS ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI...